Peran Penelitian dalam Pengembangan Pendidikan Matematika




Penelitian merupakan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang disebut sebagai ilmu, dilakukan dengan prosedur tertentu yang bersifat sistematis dan didukung oleh suatu metodologi yang merupakan suatu pengkajian dari aturan-aturan dalam metodenya.

Sebagai seorang guru atau calon guru matematika yang inovatif dituntut untuk selalu melakukan pembahasan mengenai bagaimana kita mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran matematika yang sesuai dengan trend terkini. Pengetahuan kita tentang aspek pembelajaran matematika dikehendaki sebagi pengetahuan yang bersifat ilmiah yaitu suatu pemahaman tentang cara bekerjanya pikiran individu siswa dalam mempelajari matematika, bagaimana memperoleh pemahaman tentang aspek pembelajaran secara arkitektural serta bagaimana seorang guru memahami adanya analogi-analogi di antara pengetahuan siswa, pengetahuan guru dan pengetahuan praktisi tentang pembelajaran matematika. Usaha tersebut dapat dicapai jika dikembangkan suatu metode ilmiah yang memenuhi sifat koherensi dan sifat korespondensi. Penjelasan mengenai fenomena yang terjadi dalam proses belajar matematika sebagai suatu deskripsi kebenaran, memerlukan langkah-langkah empiris yang bersifat rasional untuk memperoleh teori tentang kebenaran dan idealitas praktek pembelajaran matematika. Pengetahuan demikian pada akhirnya baik secara ontologis maupun secara legal formal dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang pendidikan matematika (Marsigit)


My comment:
Saya setuju dengan apa kata bapak, penelitian mampu membuat pendidikan dapat berkembang. Salah satunya muncul pendidik-pendidik yang inovatif karena dengan penelitian mereka terkait proses pembelajaran yang sudah mereka lakukan. Dengan pengalam-pengalam tadi seorang yang kreatif pasti akan menemukan atau menyempurnakan pembelajaran yang sudah ada agar para peserta didik mampu menerima yang diajarkan dengan baik, dan itulah inovasi yang ditunggu-tunggu dunia kependidikan bangsa ini. Seorang guru khususnya guru matematika yang inovatif memang sangat diperlukan untuk masa yang akan datang. Guru yang inovatif seperti yang bapak katakan bahwa harus sesuai dengan trend terkini dalam pembelajrannya seharusnya perlu menjadi motifasi kami-kami calon pendidik agar mampu bersaing di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, dengan pendidik yang inovatif diharapkan juga kemajuan bangsa ini segera terwujud karena otomatis akan muncul golden generation dari pendidik yang inovatif.

Komentar

Postingan Populer