IDE DAN MEMANFAATKAN PELUANG USAHA BERDASARKAN INSPIRASI OBJEK BUDAYA LOKAL
A. Menggali Ide dan Manfaatkan Peluang Usaha
Anak-anak, banyak orang yang sukses berkat sebuah ide atau gagasan cerdasnya dalam memanfaatkan suatu peluang usaha. Selain kerja keras, harus ada ide-ide inovatif untuk menuju kesuksesan sebuah usaha. Oleh karenanya, sebelum memutuskan membangun sebuah konsep usaha, maka mencari, menggali dan mengeksplorasi ideide usaha sangatlah diperlukan. Berikut ini adalah 8 cara untuk menggali ide-ide usaha yang bias kalian lakukan:
1. Manfaatkan Internet dan Media Elektronik Lainnya
Di era sekarang, internet, radio, dan televisi merupakan jalur terbaik dalam memperoleh informasi, termasuk info tantang membangun bisnis. Namun internet lebih fleksibel, karena bisa kita eksplorasi kapan saja. Jadi internet merupakan jalan termudah menggali dan menemukan ide-ide usaha yang mungkin belum kita ketahui selama ini, Khususnya bagi daerah yang sudah terjangkau internet.
2. Baca Buku dan Referensi Bisnis
Ketika kalian masih bingung “harus mau buka usaha apa?” Maka buku, majalah, pamflet, buklet dan koran bisnis bisa menjadi sumber informasi yang dapat membantu anda menciptakan ide-ide bisnis yang bagus.
3. Ikut Kegiatan Seminar Usaha
Jika buku dan internet belum dapat membantu kalian dalam menggali gagasan bisnis yang potensial, maka sesekali kalian coba ikuti seminar-seminar tentang bisnis dan kewirausahaan. Di sana kalian akan mendapat ilmu dan mentor yang berpengalaman dalam membangun usaha.
4. Aktif Bergabung di Komunitas Bisnis
Ada banyak komunitas atau organisasi yang mewadahi orang-orang dengan profesi atau kelompok bisnis tertentu, baik offline maupun komunitas online. Jika ada kesempatan cobalah bergabung dengan satu atau beberapa komunitas bisnis. Selain mendapat banyak ilmu, tentu kalian akan memiliki peluang masuk dalam jaringan relasi dan pertemanan para entrepreneur. Mungkin mereka akan membantu kalian dalam menggali potensi bisnis yang ada dalam diri anda.
5. Mengunjungi Pameran Kewirausahaan
Salah satu tempat yang cukup efektif membangkitkan ide-ide bisnis adalah pameran kewirausahaan. Berbagai produk baru, bisnis baru, dan pekerjaan baru sering dipertontonkan dalam sebuah acara pameran. Penyelenggaranya bisa pemerintah maupun swasta. Walaupun kalian harus mengeluarkan biaya, namun kalian akan mendapatkan pengalaman kewirausahaan secara lebih nyata.
6. Berdiskusi dengan Para Pelaku Usaha
Kata pepatah “Pengalaman adalah guru terbaik”, dalam mencari celah usaha yang bagus, cobalah berdiskusi dengan orang-orang yang telah sukses maupun gagal dalam membangun bisnisnya. Biasanya akan selalu datang inspirasi setelah kalian mengetahui pengalaman bisnis mereka secara langsung
7. Kunjungi Pusat-pusat Bisnis
Selain pameran, lokasi lain yang bagus untuk memperoleh ide usaha adalah di pusat-pusat bisnis. Dengan mengunjungi tempat tersebut kalian akan dapat menyaksikan dan belajar banyak mengenai gambaran perputaran roda perekonomian dan bisnis.
8. Mengamati Lingkungan Sekitar (Survey Langsung)
Salah satu cara menggali ide-ide usaha adalah dengan melakukan pengamatan atau survey langsung ke lingkungan sekitar. Perhatikanlah apa saja kebutuhan orangorang yang bisa menjadi peluang usaha atau amati adakah bahan-bahan atau sumber daya yang tak berguna yang bisa menjadi barang ekonomis. Perhatikan , lihat, pikirkan, dan renungkan. Hal ini akan membuat kalian menemukan ide usaha yang brilian.
B. Analisa Peluang Usaha
Sebelum memulai sebuah usaha, kalian memerlukan sebuah analisa peluang usaha. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan mengetahui apakah usaha yang tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan dan memberikan keuntungan di kemuadian hari. Tujuan analisis peluang usaha ini adalah untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis di masa mendatang, jika kalian melakukan analisa peluang usaha, bisnis kalianpun dapat dijalankan tanpa mengalami banyak kendala. Adapun manfaat yang bisa kalian dapatkan degan melakukan analisis peluang usaha diantaranya adalah:
1. Mencegah kerugian atau kebangkrutan usaha Anda.
2. Mengetahui produk atau jasanya jika dibutuhkan oleh pasar setempat.
3. Mengetahui minat konsumen akan produk atau jasa yang akan ditawarkan.
4. Mengetahui rugi laba ketika berbisnis.
5. Menetapkan teknik pemasaran yang tepat.
6. Mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan.
7. Mengetahui jika usahanya memang layak dijalankan.
8. Mengetahui persaingan yang terjadi di pasar.
C. Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha
Proses analisis peluang usaha dapat dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dengan demikian kalian tidak akan gegabah mengambil keputusan. Kalian juga akan mengetahui apakah usaha tersebut bisa dijalankan ataukah harus mengganti dengan usaha lain.
1. Strength
Kekuatan adalah keunggulan yang dimiliki oleh usaha yang akan kalian jalankan.
Kekuatan utama usaha ini bisa memengaruhi secara positif baik untuk saat ini
maupun di masa mendatang. Kekuatan usaha bisa diketahui dengan mengajukan
pertanyaan sebagai berikut:
a. Apa saja keunggulan dari usaha kalian?
b. Apa kelebihan yang dimiliki usaha yang tidak dimiliki oleh pesaing kalian?
c. Apa saja keunikan usaha kalian?
d. Apa hal utama yang membuat usaha kalian sukses selama ini?
e. Apa saja keunggulan usaha kalian dimata konsumen
2. Weakness
Weakness merupakan kelemahan dari usaha kalian yang dapat memberikan
pengaruh negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang, nah
untuk mengetahui kelemahan dari usaha kalian, maka kalian bisa menganalisisnya
dengan beberapa pertanyaan berikut:
a. Apa yang bisa diperbaiki dari usaha kalian ?
b. Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh usaha kalian ?
c. Faktor apa saja yang membuat penjualan usaha menurun?
d. Apa kelemahan usaha kalian dari kacamata konsumen?
e. Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari usaha milik
kalian?
3. Opportunities
Opportunities merupakan peluang yang dimiliki oleh sebuah usaha sehingga
mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang. Pertanyaan
yang bisa digunakan untuk menggali peluang usaha adalah:
a. Kesempatan apa yang dimiliki oleh usaha kalian saat ini?
b. Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan usaha kalian
4. Threats
Threats merupakan ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan
untuk dapat berkembang. Pertanyaan yang sesuai untuk mengetahui ancaman bagi
usaha kia adalah:
a. Apa saja kendala yang dihadapi oleh usaha kalian saat ini?
b. Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor dari usaha kalian?
c. Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk usaha kalian?
d. Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan
usaha kalian?
Analisis SWOT ini setidaknya bisa membantu kalian untuk menetapkan strategi bagi
usaha kalian. Metode ini juga bisa membantu menelaah keunggulan dan masalah
yang terjadi dalam usaha kalian.
D. Sumber Daya Budaya Lokal
Sumber daya alam pada hakikatnya memiliki nilai ekonomis bila dikelola menjadi barang baru. Namun, pengelolaan dan pengolahan yang dilakukan oleh manusia cenderung mengeksploitasi secara besar-besaran tanpa mempertimbangkan dampak yang akan terjadi di masa mendatang. Mengingat setiap orang memperoleh akses yang sama maka sumber daya alam dieksploitasi dengan cara yang berlebihan. Pengeksploitasian sumber daya alam secara berlebih berujung pada terjadinya tragedy of common (Hidayat, 2011).
Dewasa ini pembicaraan tentang kearifan lokal makin mendapatkan perhatian. Kearifan lokal (local wisdom) merupakan pandangan hidup, ilmu pengetahuan, dan berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas masyarakat setempat. Disamping itu kearifan lokal dapat pula dimaknai sebagai sebuah sistem dalam tatanan kehidupan sosial, politik, budaya, ekonomi, dan lingkungan yang hidup di dalam masyarakat lokal. Karakter khas yang inherent dalam kearifan lokal sifatnya dinamis, berkelanjutan, dan diikat dalam komunitasnya (Wagiran, 2011)
Komentar
Posting Komentar